SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Jumat, 14 Oktober 2011

JOGYA,LSMTELINGALEBAR  : - Seminar Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 yang diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2010 merupakan salah satu mata rantai kegiatan LUSTRUM ke 11 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM. Seminar Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2010 dirancang sebagai media bagi mahasiswa S2 dan S3 bidang ilmu Fisika, Matematika, Kimia dan Ilmu Komputer dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk menyajikan hasil penelitian dalam suatu forum akademik.
Salah satu pemakalah dari acara tersebut adalah Pujianto (Dosen AKMI Baturaja Sumatera selatan). Presentasi dengan tema “Implementasi SCORM dalam Learning Management System sangat menarik para audience karena paket konten yang di hasilkan dapat juga ditanam di IPod.
Saat ini banyak sistem elearning yang dimiliki oleh berbagai lembaga pemerintah maupun swasta, baik lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan, industri, penerbangan maupun bidang yang lainnya umumnya belum menggunakan standar SCORM yang dikeluarkan oleh ADL. SCORM akronim dari Sharable Content Object Reference Model. Sistem elearning yang belum menerapkan SCORM maka sistem tersebut tidak Reusesable, Accessible, Interoperable, Durable, Affordalbe dan Adaptable:
Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan sebuah sistem elearning yang memiliki standar SCORM kususnya pada sisi konten sehingga nantinya dapat diintegrasikan ke berbagai LMS (Learning Management Systems) atau sistem elearning yang sudah mendukung SCORM. Pembuatan konten dengan standar SCORM menggunakan authoring tool yang berbasis open source. Pengujian yang dilakuan adalah membuat kursus dengan cara mengimport paket konten yang sudah sesuai dengan standar SCORM CAM (Content Aggregation Model) ke dalam LMS.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem elearning yang berbasis SCORM. Sistem elearning yang sudah menerapkan standar SCORM dapat mengimpor dan menjalankan paket konten dari sistem SCORM lain, sehingga sistem elearning dapat berbagi paket konten. Pemanfaatan SCORM pada sistem elearning akan memberi nilai tambah (added value). Selain itu juga akan memberikan keuntungan kompetitif pada sistem elearning untuk dapat bersaing dengan sistem elearning yang lainnya.(RENOXXX)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar