SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Selasa, 11 Oktober 2011

Jumlah Populasi Ikan di Laut terancam Punah

 Denpasar,Extremmepoint.com:  - Populasi ikan di seluruh perairan di Indonesia terancam punah, sehubungan praktik penangkapan ikan selama ini dilakukan secara berlebihan. Di sisi lain upaya pelestarian dan pembudidayaan ikan di perairan Indonesia masih relatif kurang. Karena itu, perlu dilakukan gerakan penaburan benih ikan di lautan bebas di Indonesia dengan gerakan "Satu Orang Menabur Seribu Benih".
  
  "Penangkapan ikan dimana-mana sudah berlebihan, sehingga populasi ikan di perairan kita (Indonesia) terancam punah," kata Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Didi Sutisna kepada pers, Senin (10/10), di Denpasar, seusai menabur sebanyak 26.000 ekor benih ikan dan tukik di Pulau Serangan, Denpasar.
   Gerakan "One Man One Thousand Fries" itu diprakarsai DPP Asosiasi Tuna Longline Indonesia (DPP ATLI). Sejak September hingga Oktober ini DPP ATLI sudah menabur sebanyak dua juta ekor benih ikan, baik di sejumlah danau yang ada di Bali maupun laut lepas. Selain itu DPP ATLI juga sudah melepas-liarkan sebanyak 1.000 ekor tukik (anak penyu) ke laut lepas.
   Didi mengaku sangat mendukung gerakan tabur benih ikan yang dilakukan DPP ATLI ini. Bahkan Didi sangat sependapat dengan pernyataan Ketua I DPP ATLI Hendrik Kosasih yang menegaskan bahwa "siapa yang menangkap ikan juga harus memulihkan pelestarian ikan". "Ini gerakan yang harus didukung untuk menyadarkan semua komponen masyarakat bahwa populasi ikan di perairan Indonesia sudah mulai menurun," papar Didi.
   Ia menyatakan, gerakan tabur benih ikan ke laut bebas merupakan salah satu alternatif untuk tetap menjaga populasi ikan di perairan Indonesia. "Populasi ikan harus dijaga dan dipulihkan jika ingin perikanan tangkap kembali berjaya," imbuh Didi.
   Terkait dengan hal ini, Didi berharap supaya DPP ATLI Bali melakukan tabur benih ikan ini secara rutin tiap tahun, khususnya di perairan umum daratan yang ada di Bali seperti danau. Dengan gerakan ini, menurut Didi, masyarakat nelayan di sekitar danau akan mendapatkan kontribusi secara langsung. "Tabur benih di perairan darat perlu dilakukan, sehingga memberikan pendapatan kepada nelayan sekitarnya," ujar Didi.
   Menanggapi permintaan ini, Ketua Umum DPP ATLI Kasdi Taman menyatakan siap melakukannya. "DPP ATLI selalu siap dan semangat melakukan tabur benih ikan di lautan maupun perairan darat," tandas Kasdi Taman.(Tety)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar