SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Sabtu, 22 Oktober 2011

Point Prestasi, Peningkat Motivasi Siswa-Siswi

Surabaya,LSMTELINGALEBAR : - Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dilakukan berbagai cara. Adapun  salah satu cara yaitu dengan membuat point prestasi siswa di kelas. Point Prestasi dapat berupa bintang seperti yang tertera dalam gambar  1. Jika point prestasi ini terkumpul  akan ditukar dengan sebuah reward atau hadiah pada saat penerimaan raport kenaikan kelas…. J Seperti yang tertera dalam gambar 2.
Adapun prosedur yang dapat dilakukan dalam pemberian point prestasi adalah:
1.         Setiap anak yang mengerjakan tugas dan tugas yang dikerjakannya mendapatkan  seratus atau tertinggi maka siswa mendapatkan bintang merah.
2.          Jika mereka sudah mendapatkan bintang merah sebanyak 10 kali maka mereka akan mendapatkan bintang hijau 1 kali.
3.         Jika pada waktu ulangan harian mereka mendapatkan nilai tertinggi maupun seratus maka mereka akan mendapatkan bintang hijau 1 kali.
4.         Jika mereka mendapatkan bintang hijau 10 kali maka mereka akan mendapatkan hadiah.
5.          Mereka akan menerima hadiah pada saat penerimaan raport.
Adapun gambar seperti yang tertera pada gambar 2.
 Dengan cara seperti itu anak akan berlomba-lomba mencari point sebanyak-banyaknya… J tapi hal itu juga tak lepas dari  dukungan dan motivasi orang tua dalam membimbing anak-anaknya di rumah untuk belajar.
Motivasi di sekolah penting namun masih lebih penting dukungan dari orang tua. Ada anak yang memang dasarnya kurang pintar ataupun nakal  , walaupun diberi hadiah / reward apapun , mereka kurang antusias . Tidak akan mau berlomba-lomba seperti siswa yang lain.  Karena di rumah orang tua kurang mendukung.
Namun perlulah diingat sebenarnya bahwa tidak ada anak yang bodoh tetapi yang ada adalah anak  yang malas belajar… J. Hal ini yang perlu ditanamkan kepada siswa maupun orang tua/wali murid.
Berdasarkan pengamatan dengan adanya reward seperti itu, siswa yang benar-benar ingin menjadi pandai dan pintar. Mereka  akan menjadi lebih termotivasi dalam mengerjakan tugas maupun semangat dalam mengerjakan soal  ulangan harian maupun UAS / UTS.(Sundarwati,SPD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar