SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 11 Juni 2012

Produser Film Wajib Beretika

LSM TELINGA LEBAR :  - Pembohongan publik yang dilakukan produser film Mr Bean Kesurupan Depe, KK Dheraaj, di mana pemeran Mr Bean bukan Rowan Atkinson, membuatnya dapat menghadapi masalah hukum.
Pelaku Usaha dan Konsumen wajib memahami prinsip bisnis yang benar karena bisnis yang benar itu pasti beretika yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Menurut Surowidjojo, Sekertaris LPPKN (Lembaga Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen Nasional) Provinsi Jatim, produser film tersebut dapat dijatuhkan sanksi pidana jika terbukti melakukan pembohongan publik terhadap film yang dibintangi Dewi Persik itu.
“Jika film ini benar-benar mengandung unsur melanggar aturan maka sudah dapat dikatakan rananya termasuk Pidana kalau memang membohongi publik, dan Perdata jika konsumen, dalam hal ini penonton, tidak mendapatkan apa yang mereka dapatkan melalui informasi," ungkapnya pada LSM TELINGA LEBAR dikantornya Jalan Raya Gunungsari, Surabaya Jumat (08/06).
Dia menambahkan, "Kalau dinyatakan bersalah pada pembuktiannya, maka produser harus mengganti kerugian yang ditimbulkan secara  materiil dan atau membayar imateriil penonton," tambahnya dengan tegas dan lugas.
“Perlu diketahui untuk Pelaku Usaha dan Konsumen bahwa Etika Bisnis sangatlah penting karena disitulah akan meminimalisir bahkan menghapus adanya pelanggaran yang akan terjadi. Adapun Etika Bisnis itu haruslah dilandasi dengan moral yang berbudiluhur, jujur, transparan dan bersikap professional,” pungkasnya.
Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang berbudiluhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional. (YYK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar