SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Sabtu, 13 Oktober 2012

Waspadai! Anthrax saat Idul Adha

EXTREMMEPOINT.COM : - Pemprov (Pemerintah Provinsi) Jatim hendaknya dalam menyambut Hari Raya Idhul Adha (Hari Raya Korban) wajib mewaspadai hewan korban agar tidak ada yang mengandung virus Anthrax dan tidak menimbulkan korban.
Virus ini sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, untuk itu Pemprov segera mengadakan sosialisasi kepada kabupaten-kabupaten dan kota-kota untuk segera membekali pengetahuan kepada Pemkab/Pemkot sampai dengan masyarakat secara luas. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Pertanian (Disperta) Kota Mojokerto dengan mengumpulkan Takmir Masjid di wilayah Kota Mojokerto dengan maksud untuk memberi pengetahuan tentang antisipasi penyebaran virus anthrax saat Hari Raya Idul Qurban. Selain melakukan pertemuan dengan Takmir, pihaknya juga bekerja sama dengan Tempat Pemotongam Hewan (TPH). Kepala Disperta Kota Mojokerto, Sunarto mengatakan, "Ada lebih 20 TPH yang ada di Kabupaten maupun Kota Mojokerto," katanya, Jum'at (12/10) tadi pagi. Pengumpulan itu juga diikuti kerja sama dengan TPH yang dimaksudkan untuk meminimalisir kasus penularan penyakit hewan pada manusia seperti anthrax, dengan melakukan upaya intensif terutama saat Idul Adha bisa mencegah penyebaran penyakit hewan pada manusia tersebut. "Karena pada hari raya Idul Qurban, pola pikir masyarakat awam masih melakukan penyembelihan hewan kurban dengan cara apa adanya sehingga aspek higienis tidak lagi menjadi prioritas. Sehingga dengan mengumpulkan takmir masjid, upaya pencegahan bisa dilakukan," pungkasnya. Langkah Pemkot Mojokerto ini sangat tepat dan bijaksana karena upaya seperti inilah sebagai tindakan preventif (pencegahan) yang lebih baik dan benar daripada dibandingkan dengan mengobati. Kepedulian terhadap masyarakat seharusnya ditindaklanjuti dan menjadi suritauladan bagi Pemkab/Pemkot lainnya. (TIMSUS)

1 komentar: