SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Selasa, 29 Januari 2013

Chef Indonesia Diminta Promosikan Diri Ke Blantika Dunia

DENPASAR,LSM TELINGA LEBAR :- Chef Indonesia yang bekerja di luar negeri diminta supaya mempromosikan makanan tradisional Indonesia di mancanegara. Hal ini bertujuan agar makanan khas Indonesia semakin dikenal luas dan digemari di mancenagara.
"Saya sudah minta kepada chef Indonesia yang bekerja di luar negeri supaya lebih memperkenalkan makanan tradisional di tempatnya bekerja," tegas Presiden Indonesian Chef Association (ACI) Henry Alexie Bloem kepada pers, Selasa (29/1), di Kuta-Bali, disela-sela acara "Butik Kuliner Nusantara" yang diprakarsai Heinz ABC. Henry menjelaskan, pihaknya telah menunjuk beberapa chef di mancanegara sebagai ambassador (perwakilan) untuk memperkenalkan makanan tradisional. Negara yang telah memiliki perwakilan chef Indonesia, menurutnya, antara lain Amerika Serikat, Australia, Belanda, Nigeria dan Macao. "Kami meminta agar tiga atau empat makanan tradisional Indonesia dimasukkan dalam daftar menu oleh perwakilan chef yang ada di luar negeri," paparnya. Makanan tradisional Indonesia yang sudah populer di mancanegara adalah nasi goreng, sate dan soto. Sedangkan untuk di Indonesia, khususnya hidangan di perhotelan, lanjut Henry, makanan tradisional Indonesia masih mendominasi, yakni mencapai 80 persen. Begitu pula chef Indonesia, imbuhnya, hampir 80 persen sudah menguasai makanan tradisional Indonesia. Sementara Sales Director PT Heinz ABC Indonesia Wishnu Pramuji menyebutkan, makanan tradisional Indonesia kini mulai terlupakan, karena tergeser dengan hadirnya makanan asing dari mancanegara. Apabila fenomena ini dibiarkan berlangsung, kata Wishnu, lama-kelamaan keberadaan kuliner tradisional yang menjadi identitas bangsa Indonesia akan punah. "Kita semua wajib mencintai dan melestarikan kuliner nusantara agar tetap eksis," tutur Wishnu. Ia menambahkan, pihaknya akan terus mengkampanyekan makanan tradisional Indonesia di berbagai daerah Nusantara.(Tety)

1 komentar: