SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Minggu, 26 Februari 2012

PERAYAAN PETIK LAUT HARI JADI PASURUAN

PASURUAN, EXTREMMEPOINT.COM : - Kota Pasuruan terletak ditengah-tengah dari Kabupaten Pasuruan, terbentang pada 7o33’ Lintang Selatan dan 112o 28’ Bujur Timur, dengan luas wilayah 36,58 meterpersegi.
Kota Pasuruan lokasinya berada di garis khatulistiwa mempunyai perubahan iklim dua jenis, yaitu musim kemarau dan musim penghujan  Dengan Luas 36,58 m2 Kota Pasuruan  tahun 2010 mempunyai penduduk     198.059 yang terdiri dari  98.730 penduduk laki-laki dan 99.329 penduduk perempuan  yang tersebar dalam 3  (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Purworejo, Kecamatan Gading Rejo dan kecamatan Bugul Kidul. Kota Pasuruanpun terkenal memiliki julukan sebagai Kota Santri.
Masyarakat Kota Pasuruan kembali merayakan Pesta Petik Laut Sabtu (25/02) di Pelabuhan Kota Pasuruan diresmikan oleh Walikota H Hasani. Puluhan kapal nelayan turun ke laut untuk melarung Sesaji. Pesta Petik Laut tersebut merupakan ungkapan rasa syukur para nelayan kepada Tuhan atas hasil laut yang diperoleh selama ini. Selain itu pesta ini dimaksudkan untuk meminta perlidungan kepada Tuhan agar para nelayan dapat mencari nafkah dengan selamat.
Walikota Pasuruan H. Hasani turut dalam pesta didampingi Muspida Kota Pasuruan dan pejabat di lingkungan Pemkot Pasuruan.  Dalam sambutannya H.Hasani  mengatakan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan berjanji akan melalkukan percepatan pembangunan di wilayah pesisir, sehingga antara wilayah Selatan dan Utara pembangunannya bisa berimbang, dan Walikota mengatakan Pemerintah Kota minta dukungan kepada masyarakat sehingga percepatan pembangunan bisa terealisasi dengan baik.
Kepada  EXTREMMEPOINT.COM  Walikota menjawab bahwa harapan warga yang menginginkan agar pemkot lebih memfokuskan pembangunan di daerah utara. Walikota memberikan contoh salah satu dukungan masyarakat adalah ketika Pemkot membangun trotoar di sepanjang pelabuhan, masyarakat juga harus bisa menjaga kebersihan di sepanjang trotoar dengan tidak meletakkan barang-barang di trotoar tesebut, sehingga tetap terlihat indah dan bersih. Harapan banyak kalangan yang mengidamkan Pasuruan sebagai kota syah bandar bisa terwujudkan.  (BGS/NGh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar