SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Jumat, 15 Juni 2012

Buruh Konveksi DJ Busana Jaya Terlantar

PASURUAN, EXTREMMEPOINT.COM : - Ratusan buruh Perusahaan konveksi DJ BUSANA JAYA Jalan Panglima Sudirman Pasuruan pada 08.00 WIB Rabu (13/06) melakukan aksi demo.  
Buruh yang didominasi oleh para wanita tersebut merasa bahwa pihak managemen telah banyak melakukan kebohongan. Menurut buruh Perusahaan  BUSANA JAYA hanya memperlakukan tenaga kerja hanya sebagai sapi perah belaka. Selain upah lembur yang tidak dibayar sebagaimana mestinya, jam kerja yang amburadul, juga buruh yang sudah punya kartu JAMSOSTEK tetap harus membayar biaya pengobatan dengan alasan BUSANA JAYA tidak pernah setor dana JAMSOSTEK.
Nampak kekesalan para buruh dilampiaskan kepada HENY selaku bagian Keuangan atau juru bayar perusahaan. Teriakan dan poster bertuliskan “Penjarakan Heny, Pecat Heny” mewarnai aksi demo saat itu. Wartawan tidak bisa masuk ke areal perusahaan karena pintu ditutup rapat oleh 4 Satpam.  Dengan menaiki bangku, wartawan lalu dapat mengambil gambar dan nampak pihak managemen tengah berunding dengan perwakilan dari buruh.  De Jian (35), warga negara Belanda  pemilik perusahaan konveksi berskala ekspor BUSANA JAYA pun ikut bicara. 
Pada 10.00 Wib beberapa buruh keluar dari areal perusahaan nampak aparat dari TNI dan Polisi ikut mengamankan aksi demo tersebut, menurut perwakilan buruh masalah akan dibicarakan lebih lanjut. Belum jelas kapan tuntutan buruh itu akan dipenuhi oleh pihak perusahaan yang memiliki 1300 orang karyawan tersebut.  
"Kalau tuntutan kita tidak didengar, kita akan demo lagi,” teriak para buruh.  Heny itu makan keringat kami, beberapa bulan saja kerja di sini, dia (Heny) sudah bisa beli INOVA dan AVANZA baru,  juga rumahnya pun mewah sekarang. " Penjarakan Heny! " teriak buruh wanita itu lagi. (WEN/NGH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar