SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 09 Juli 2012

Mobil Hemat Karya Team Indonesia Juara Asia Pasifik

EXTREMMEPOINT.COM : - Kompetisi Mobil Hemat se-Asia Pasifik dijuarai Tim Sapu Angin dari ITS (Institut Tehnologi Sepuluh Nopember) Surabaya di Sirkuit Sepang, Malaysia. Acara tersebut bertemakan “Shell Eco Marathon Asia 2012” yang diselenggarakan mulai 4-7 Juli. Sabtu (07/07) malam.
Menurut Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS, Dr Ir Bambang Pramujati MScEng PhD mengatakan, “Meski tim Sapu Angin 6 dan Antasena 1 yang berlaga di kelas prototipe belum berhasil, namun tim Sapu Angin 7 yang berlaga dalam kelas Urban Concept mampu tampil sebagai juara,” katanya pada wartawan melalui surat elektroniknya dari Malaysia, Sabtu malam, keberhasilan itu diraih pada kelas "Urban Concept" yakni mobil "Sapu Angin 7".
Gelar juara ini diraih dengan mencatat tingkat efisiensi bahan bakar hanya satu liter untuk 167 kilometer dalam "performa optimal" sejak awal race pertama sampai terakhir. Tim ITS mampu mengalahkan tim ITB yang mencatat tingkat efisiensi hanya 149 kilometer per liter. 
"Yang membanggakan adalah tingkat efisiensi 167 kilometer per liter itu mampu melampaui rekor terakhir pada tahun 2011 yang juga diraih ITS. Saat itu, ITS hanya mampu menembus efisiensi sebesar 150 kilometer per liter," tambahnya.
Tim ITS sempat bingung atas hasil perhitungan dari pihak Shell, karena tertinggal oleh perolehan tim mobil Garuda dari ITB yakni 192 kilometer per liter mobil pada race pertama.
"Itu cukup mengejutkan, namun pihak Shell akhirnya melihat inkonsistensi dan setelah dilakukan perhitungan ulang memang terdapat kesalahan perhitungan oleh pihak Shell," katanya.
Menurut  Yoga Dwi Widagdo, Manajer Umum Tim ITS `Sapu Angin 2012`mengatakan, “Mobil Sapu Angin 6 yang berbahan bakar bensin dan berlaga di kelas prototype itu semula ditargetkan dapat menjadi juara Asia," katanya
Kompetisi pada tahun ini yang digagas Shell diikuti 136 tim dari 18 negara di Asia, termasuk lima negara yang baru berkompetisi dalam SEM Asia 2012, yakni Lebanon, Qatar, Uni Emirat Arab, Hong Kong dan Korea Selatan. Ke-136 tim itu terdiri dari 91 tim kelas prototipe dan 45 tim kelas "Urban Concept".
Mobil yang mengikuti laga dikelas protipe tersebut merupakan inovasi baru mahasiswa Teknik Material Metalurgi dengan desain mobil ramah lingkungan. Mobil bernama Antasena ini baru diciptakan 2012 oleh Mahasiswa ITS dengan bahan bakar gas hydrogen. (TIMSUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar