SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 09 Juli 2012

Segala Bentuk Cipta,Rasa,Karsa lahir berbentuk Budaya Wajib dipelihara serta dipatenkan

Benhard Manurung SH, MHum : Semua Budaya yang kita miliki memang haruslah dilestarikan dari kepunahannya dan yang lebih penting lagi hendaknya di Paten-kan.
EXTREMMEPOINT.COM : - Budaya Wayang hendaknya dilestarikan agar tidak punah dengan cara mengadakan festival secara berkala oleh Persatuan Pedalangan Indonesia.
Semua pihak agar ikut melestarikan budaya wayang dalam supaya tidak punah antara lain dengan secara berkala mengadakan Festival Dalang Bocah yang dilakukan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia.
Menurut Wapres Budiono mengatakan, “Memang wayang perlu mendapat perhatian khusus yang salah satunya mengadakan festival. Ini suatu bentuk pelestarian yang baik dan saya dukung," katanya di Istana Wakil Presiden Jakarta, Sabtu (07/07).
Kata Wapres disampaikan saat memberikan sambutan pada acara pagelaran wayang kulit dihalaman Istana Wapres dengan cerita “Pandowo Boyong” dengan Dalang Ki Cahyo Kuntadi, yang dihadiri oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto juga sekitar 1.000 tamu dari berbagai kalangan seperti tokoh serta masyarakat pecinta wayang.
Dia menambahkan, “Mengenai cerita yang disampaikan ini saya belum pernah menonton tapi yang pernah saya dengar adalah para Pendawa ikut membangun astina untuk kesejahteraan rakyat,” tambah Wapres
Pagelaran Wayang Kulit ini merupakan hasil kerjasama dengan PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) dengan Sekertaris Wapres.
Menurut Ketua Umum PEPADI Pusat, Ekotjipto mengatakan, “Festival itu merupakan salah satu upaya kami dalam mewujudkan cita-cita tersebut dengan tujuan mencari bibit generasi penerus pedalangan nusantara,” katanya
Festival Dalang Bocah diadakan untuk mengenal dan mendorong kecintaan anak-anak terhadap profesi dalang. Budaya ini harus dikawal agar tradisi seni wayang tetap lestari juga menjaga agar mata rantai generasi pedalangan tidak terputus.
Menurut Ketua LSM Telinga Lebar, Benhard Manurung SH, MHum mengatakan, “Semua Budaya yang kita miliki memang haruslah dilestarikan dari kepunahannya dan yang lebih penting lagi hendaknya di Paten-kan untuk menghindari penyerobotan hasil budaya Indonesia seperti yang di-klaim Negara Malaysia yang lalu,” kata pria tampan dan berwibawa ini dengan tegas dan lugas. 
Setiap tahun PEPADI mengagendakan Festival Dalang Bocah tingkat Nasional, hal ini sudah diadakan di berbagai kota sejak 2008, bahkan didaerah yang diimplementasikan oleh PEPADI tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. (TIMSUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar