SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 09 Juli 2012

Nilai Export Perikanan Ciptakan Sejarah Baru

DENPASAR, EXTREMMEPOINT.COM :  -  Capaian nilai ekspor industri pengolahan hasil perikanan pada tahun 2011 melampaui target yang ditetapkan, yakni US$ 3,2 miliar. Kenaikan nilai ekspor itu didorong oleh kenaikan harga jual beberapa produk perikanan seperti tuna dan udang.
"Capaian nilai ekspor 2011 merupakan sejarah baru sejak Indonesia merdeka," kata Direktur Usaha dan Investasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) I Made W Arthajaya kepada pers, Senin (09/07), di Sanur-Bali.
Seusai membuka Sosialisasi Program Stimulus dan Insentif Fiskal Sektor Kelautan dan Perikanan, Arthajaya menjelaskan, untuk tahun ini KKP menargetkan ekspor naik ke level US$ 3,6 miliar. Sementara untuk volume impor, lanjutnya, dari total 441 ribu ton, sekitar 14 persen (62 ribu ton) dijadikan bahan baku pengolahan untuk komoditas ekspor.
Menurutnya, industri pengolahan hasil perikanan merupakan peluang yang sangat potensial dan masih terbuka luas untuk dikembangkan di Indonesia. "Potensi masih terbuka luas, terlebih bila melihat perkembangan nilai ekspor selama kurun 2001-2011 yang meningkat pesat dari US$ 1,6 miliar menjadi US$ 3,34 miliar," ujarnya.
Sementara untuk mengatasi ketergantungan dan membatasi produk impor maksimal 20 persen, imbuh Arthajaya, pemerintah akan memperkuat imunitas dan pembangunan kedaulatan pangan melalui aspek pengawasan dan penyusunan kebijakan yang berpihak terhadap pengembangan industri dalam negeri. (Tety)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar