SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 14 November 2011

Situbondo Peringkat Nasional Rawan Bencana Alam


Jumat, 11 November 2011 - 16:00 wib
Reporter IWN

Situbondo (EXTREMMEPOINT.com) - Kabupaten Situbondo merupakan daerah di Indonesia yang  menduduki peringkat ke-20 secara Nasional,  sebagai daerah yang paling rawan terhadap  terjadinya bencana alam. Sedangkan Kabupaten  Jember yang merupakan salah satu kabupaten yang paling pesat pertumbuhan ekonominya diwilayah Eks Keresidenan Besuki menempati peringkat ke-70 tingkat Nasional.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kabupaten Situbondo, Drs Zainul Arifin mengungkapkan. "Sesuai dengan  data yang rilis langsung  oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana , Kabupaten Situbondo menempati peringkat ke-20 sebagai daerah yang rawan terjadinya bencana alam, disusul dengan Kabupaten Jember yang menempati urutan ke-70 tingkat  Nasional,” ujar  pria yang akrab dipanggil  Zainul.

Menurutnya,  tingginya peringkat Kabupaten Situbondo yang dikategorikan dengan daerah yang rawan terhadap terjadinya bencana alam secara nasional, karena beberapa kecamatan di Kabupaten Situbondo rawan dengan  terjadinya bencana alam tersebut, seperti banjir bandang, angin puting beliung, serta banjir rob.  Bahkan, pada beberapa wilayah di Kabupaten Situbondo rawan dengan terjadinya tanah longsor.

Berkaca dari itulah, Pemkab Situbondo terus melakukan mitigasi bencana, pemetaan bencana, sosialisasi dan pelatihan menghadapi bencana kepada warga, seperti tanah  longsor .”Justru di saat sekaranglah, ketika tidak ada bencana, pekerjaan lebih banyak seperti yang saya sebutkan tadi. Termasuk sosialisasi dan pelatihan kepada warga agar siap ketika terjadi bencana. Agar mereka tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana," imbuh Zainul

Namun, untuk melakukan  mitigasi bencana,  telah membuat peta lokasi bencana, dengan cara  menyiapkan tempat-tempat evakuasi dan jalur-jalur yang aman untuk dijadikan tempat evakuasi. "Kesiapan itu perlu agar bisa mengurangi jatuhnya korban. Termasuk untuk menyiapkan jika daerah evakuasi itu bisa disiapkan menjadi tempat relokasi," pungkasnya.

Sekadar  diketahui, sebanyak 14 dari 17 kecamatan se-Kabupaten Situbondo itu rawan terhadap terjadinya bencana alam berupa banjir bandang. Selain itu, sebagian wilayah di Situbondo juga rawan  dengan terjadinya tanah longsor, dan angin putting beliung. Bahkan, sebagian pesisir pantai di  Kabupaten Situbondo juga rawan dengan terjadinya banjir rob.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar