SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 14 November 2011

Waspada Demam Berdarah


Sabtu, 12 November 2011 - 10:45 wib
Reporter Taufik

Jember (EXTREMMEPOINT.com) - Hujan sudah mengguyur kota Jember, beberapa peka terakhir ini, masyarakat diminta mulai waspada akan serangan nyamuk aedes aegypti, penyebab penyakit demam berdarah . Ini untuk menghindari agar jentik nyamuk yang sangat membahayakan dan bisa mengancam jiwa itu tidak berkembang.
Salah satu upaya yang bias dilakukan agar nyamuk pembawa maut ini tidak berkembang, adalah dengan mengupayakan lingkungan selalu bersih dan tidak ada genangan air yang memungkinkan nyamuk dewasa bertelur. Sebab jenis nyamuk aedes aegypti dan bisa menyebabkan demam berdarah bagi yang tergigit, biasanya suka berkembang biak di genangan air yang bersih.  

Karena itu hal yang harus dilakukan untuk menghindari ancaman demam berdarah, upayakan setiap tempat yang bisa digenangai air hujan dan dijadikan tempat berserang nyamuk selalu dibersih. Begitupun dengan kaleng bekas maupun benda lain yang bisa menyebabkan terjadinya genangan air hujan, hendaknya dikubur serta tempat minum burung atau hewan piaraan usahakan selalu bersih dan senatiasa diganti.

Penyakit Demam Berdarah Dengue sendiri, atau dalam bahasa medis dikenal dengan Dengue Hemorrhagic Fever ,  adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang mana menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan.

Untuk itu, pencegahan harus dilakukan smenjak awal, terlebih saat musm hujan berlangsung, karena disaat musim huja seperti saat ini, dapat ditemui dengan mudah, genangan-genangan air, tumpukan sampah seperti kaleng, botol bekas, yang terseret air hujan, sehingga menumpuk dalam genangan air tersebut.

Dengan kondisi lingkungan yang semacam ini, tempat-tempat tersebut berpotensi untuk dijadikan sarang nyamuk aedes, sehingga perlu dilakukan pencegahan-pencegahan, terlebihn pada daerah endemis.

Menurut Kepala Seksi  Promosi dan UKBM Dinas Kesehatan Jember, Yumarlis mengatakan, untuk wilayah diJember , hampir seluruh kecamatan merupakan daerah endemis. “Sarang nyamuk aedes biasanya pada genangan-genangan air yang jernih, untuk itu kita harus waspada dengan melakukan pencegahan, terutama di daerah endemis, daerah endemis itu merupakan daerah dimana selama 3 kali berturut-turut terjadi kasus Demam berdarah,” paparnya.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk tindakan pencegahan yang utama akan penyakit Demam berdarah, tetap PSN, yakni Pemberantasan Sarang Nyamuk, . itu bisa dilakukan dengan upaya 3M, yakni mengubur barang-barang yang tak terpakai, menguras bak madi secara teratur, dan menutup tempat penampungan air.

Selain itu, kesadaran dari masyarakat juga sangat penting, dengan adanya kepedulian terhadap lingkungan, tetap menjaga lingkungan, sehingga lingkunga tetap bersih,untuk itu,  perlu kerjasama yang baik pula dari masyarakat.

“Perkembangan nyamuk itu sangat cepat, mulai dari telur, menetas, larva, dan menjadi nyamuk dewasa itu hanya memebutuhkan waktu sekitar 10 hari, jadi lingkungan yang kurang baik, dan hanya dibiarkan saja, akan dijadikan sarang nyamuk tersebut” imbuhnya.

Tindakan pencegahan yang utama akan penyakit DB, tetap PSN, atau Pemberantasan sarang nyamuk, hal itu bisa dilakukan dengan upaya 3M, yakni mengubur barang-barang yang tidak terpakai, menguras bak mandi secara teratur, dan menutup tempat penampungan air.

Seperti yang dijelaskan Yumarlis, “untuk pencegahannya tetap dengan PSN,pemberantasan sarang nyamuk dengan 3 M, menguras, mengubur, dan menutup, bila sarangnya telah diberantas, tidak aka nada nyamuk-nyamuk baru yang akan berkembang, setelah itu baru di fogging berperan untuk membunuh nyamuk dewasa yang lama” paparnya.

Ia berharap pada masyarakat, agar pada saat musim hujan ini, benar-benar dapat menjaga kondisi lingkungan sebaik mungkin,sehingga dengan lingkungan yang bersih, dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar