SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 21 Mei 2012

Animo Ruang Penerimaan CPNS Lapang,Peminat Sedikit

EXTREMMEPOINT.COM : - Tahun ini Indonesia yang punya 500 Daerah tetapi hanya belasan yang mengajukan permohonan perekrutan PNS (Pegawai Negeri Sipil). Dan Penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) berdasarkan Analisa. 
Dengan merosotnya pengajuan permohonan perekrutan CPNS daerah dapat disebabkan oleh malasnya Pejabat Daerah dalam sosialisasi untuk membuka penerimaan CPNS.
Azwar Abubakar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB), menyatakan, pihaknya telah membuka penerimaan PNS untuk seluruh kementerian/lembaga dan daerah. Meski moratorium PNS masih berlaku hingga 2013, tetapi pemerintah tetap membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang.
Menurut Azwar mengatakan, “Jatah kuota 60 ribu PNS ini, pembagiannya, 20 ribu untuk PNS di lingkungan pemerintah pusat, sedangkan 40 ribu untuk lingkungan pemerintah daerah. Permohonan permintaan PNS dari kementerian, lembaga dan daerah akan dibuka hingga akhir bulan ini. “Dibuka sampai akhir bulan ini untuk permohonan PNS," katanya pada extremmepoint.com, Minggu (20/05).
Dia menambahkan, “Dari 500 daerah yang ada, baru belasan atau kurang dari 20 daerah yang mengajukan permohonan perekrutan PNS,” tambahnya dengan tersenyum.
Kementeriannya memberikan syarat pada tahun ini, bahwa PNS yang akan direkrut adalah benar-benar berdasarkan kebutuhan di daerah yang bersangkutan. Artinya, daerah pun harus mulai membuat analisa kebutuhan, apa yang sudah ada dan apa yang belum ada. Penerimaan CPNS tersebut dibuka didasari analisa. Pihaknya mengaku sudah menyiapkan tiga ribu analisa jabatan. Untuk tes penerimaan CPNS reguler itu sendiri akan dilakukan tahun ini.
Dengan adanya PNS yang akan mengahadpi Pensiun dan juga kebutuhan untuk Kementrian atau Lembaga maka penerimaan ini dibuka. Tahun ini berjumlah sekitar 125.000 PNS yang dipensiunkan. (KYY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar