SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Senin, 25 Juli 2011

Dukun Beranak dan Tenaga Paramedis Tak Sebanding


Jember-LSM TELINGA LEBAR: – Jumlah dukun beranak yang membantu persalianan ibu hamil di Jember jumlahnya sangat banyak, tidak sebanding dengan bidan atau paramedis yang ada.

Menurut paparan dr. Imam Hadi Susilo selaku kepala puskesmas Sumberbaru, perbandingan antara paramedis dan dukun di wilayah kerja Puskesmas Sumberbaru cukup besar, yaitu 22 paramedis dan 40 dukun. Dari ke 40 dukun tersebut masih banyak yang melakukan praktik membantu persalinan.
Seharusnya semua dukun sudah bermitra dengan bidan. Sistem kemitraan ini akan melindungi ibu dan bayi yang dilahirkan. Dukun akan mengantarkan ibu hamil ke bidan, dan dukun akan mendapatkan insentif dari bidan yang menangani.

“Saat persalinan, biarkan bidan yang menangani. Sedangkan dukun dapat membantu perawatan ibu pasca melahirkan,” ungkapnya Ny. Havid Setiadi Wakil ketua V tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Jum’at (8/7).

Ny. Havid juga mengingatkan pada ibu hamil agar senantiasa melakukan kontrol kehamilan mulai dari awal bulan hingga melahirkan kepada bidan. Dengan demikian, kesehatan ibu dan calon bayi dapat dijaga dari awal. Banyak dari kasus kematian bayi yang lahir karena kelalaian ibu untuk memeriksakan kondisi kehamilannya pada bidan.

“Jangan terlambat untuk melakukan deteksi dini. Pastikan bayi yang Anda kandung dan kondisi ibu selalu sehat setiap bulan,” paparnya. (Fendi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar