SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Jumat, 28 Oktober 2011

SKPD Beri Laporan Berkala


Jember (EXTREMMPOINT.COM) - Tahun 2012 sudah di depan mata. Masing-masing penyelenggara pemerintahan bersiap untuk mengajukan rencana anggaran yang dibutuhkan oleh instansinya. Untuk itulah Bagian Pembangunan Kabupaten Jember menyelenggarakan sosialisasi pedoman pelaksanaan APBD tahun 2012. Bertempat di aula eks BKD Pemkab Jember, acara sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 95 perwakilan dari SKPD, kantor, bagian, kecamatan, bahkan kelurahan.

Kepala Bagian Pembangunan Kabupaten Jember Dra. Rustinah Handriyati MM mengatakan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan karena ada beberapa perubahab yang disebabkan peraturan baru yang berkaitan dengan pelaksanaan APBD.

“Memang tidak ada perubahan yang signifikan dari tahun 2011, tetapi tetap butuh disosialisasikan agar nanti semua SKPD tidak keliru dalam praktiknya,” ujarnya saat memberikan pengantar awal sosialisasi.

Selain itu ia mengharapkan pada masing-masing SKPD agar melaporkan laporan fisik dan keuangan yang telah direncanakan secara berkala atau per bulan. Laporan ini digunakan agar Bagian Pembangunan dan Bagian Keuangan mengetahui segala bentuk permasalahan yang ada di SKPD.

“Jadi masing-masing SKPD nantinya harus rajin melaporkan semua yang telah direalisasikan dalam perencanaan, sehingga kami pun bisa memantau dan mengetahui jika ada masalah,” harapnya, Jum’at (21/10).

Kasubbag Pengendalian Bagian Pembangunan Hadi Sasmito SH. Msi yang juga menjadi pemateri dalam sosialisasi ini menjelaskan bahwa sebenarnya tahun lalu pun sudah diadakan sosialisasi serupa. Hanya saja dalam praktik perencanaan yang diterapkan oleh SKPD belum sepenuhnya tertib. Ia pun mengatakan bahwa perencanaan atau penganggaran haruslah sesuai dan berjalan tertib hingga pelaporan dan evaluasi.

“Mekanismenya di masing-masing SKPD harus ditata ulang. Jangan sampai yang tahun kemarin luput, tahun depan akan luput juga. Harus terus diperbaiki,” paparnya.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa masing-masing SKPD harus memiliki dokumentasi dari setiap laporan yang diberikan pada Bagian Pembangunan maupun Bagian Keuangan. Hal ini bertujuan  jika nantinya jika diperiksa dari pihak internal maupun eksternal, SKPD dapat mempertanggungjawabkan laporan tersebut.

Hal-hal yang disosialisasikan dalam acara ini lebih dititikberatkan dalam beberapa hal, antara lain pelaksanaan APBD tentang pendapatan, penatausahaan keuangan daerah, pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah dan bantuan operasional sekolah, pengadaan barang dan jasa pemerintah, pedoman dan tata cara penyelenggaraan pembangunan bangunan negara beserta lingkungannya, serta laporan realisasi fisik dan keuangan.(FENDY)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar