SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Rabu, 12 Oktober 2011

JEMBER TEKNOLGI TEPAT GUNA 2011

Jember (EXTREMMEPOINT.com) - Tahun 2011 ini Kabupaten Jember menargetkan diri jadi Kabupaten yang diakui ditingkat nasional dalam penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang bermanfaat bagi masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Pemkab Jember siap untuk terus berkarya menciptakan teknologi yang terbarukan.

Plt. Kepala Bapemas Pemkab Jember, Drs. Siswantoro, Msi. mengatakan Bapemas akan mengajak kerjasama dengan berbagai elemen dan masyarakat diantara institusi perguruan tinggi, organisasi kemasyarakat, tehnokrat dan sebagainya untuk berkarya teknologi yang berbasis kerakyatan.

Lanjutnya, tiap tahunnya, Bapemas Jember secara rutin mengikuti pagelaran TTG dan selalu menghadirkan teknologi yang terbaru, inovatif serta bukan hasil plagiat dari daerah lain. “Kami selalu membuat dan menciptakan teknologi dengan karya terbaru, inovatif dan bukan mencontoh daerah lain” katanya usai berkoordinasi bersama tim pameran TTG menjelang pameran TTG di Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara, 12-16 Oktober 2011 mendatang.

Untuk tahun ini Kabupaten Jember akan mengusung dua alat TTG, yakni alat pemecah biji kakao dan pemesta coklat. Karena Bapemas menyesuaikan peralatan tersebut dengan kondisi di Propinsi Sulteng, khususnya di Kabupaten Kendari yang memiliki potensi Kakao dan Kopi seperti di Jember. “Untuk menyesuaikan wilayahnya, Kami mengirim 2 alat, Pemecah biji kakao daan pemesta kopi”, ungkap Siswantoro.

Sedangkan Kabid Sumber Daya Manusia dan TTG Bapemas Jember, Tombak Pramudya menjelaskan, alat-alat TTG yang akan dikirim ke pameran di Kendari sangat efektif, efesien dan praktis serta cocok pada daerah perkebunan. Selain itu, dua alat tersebut juga murah dan mudah didapat.

“Alat-alat TTG yang diusung oleh Kabupaten Jember tersebut nantinya akan banyak sekali manfaatnya. Karena sangat cocok untuk diterapkan didaerah perkebunan. Selain itu murah dan mudah didapat”, imbuhnya.

Terpisah, Plt. Kabag Humas Pemkab Jember, Joko Soponjono mengatakan alat-alat TTG saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Khususnya pada daerah-daerah yang kaya potensi sumber daya alamnya seperti Jember. Disamping untuk mengelola dan meningkatkan produktifitasnya, TTG juga mampu memberdayakan masyarakat untuk berwirausaha dan menghidari pengangguran.

Joko mencontohkan, saat ini hasil perkebunan seperti kakao dan kopi, seluruhnya dijual dalam bentuk bahan mentah. Untuk itu perlu cara efesien dan konvensional dalam mengelolah kapasitas produksinya. “Jika para petani mampu dan pandai untuk memanfaatkan pelayanan teknologi tepat guna didaerahnya, maka bukan tidak mungkin tahun ini Jember bisa jadi basisnya TTG”, tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar