SELAMAT DATANG DI TELINGALEBAR.BLOGSPOT.COM-*PENGAWAL HUKUM DAN PENGAWAS KINERJA APARATUR NEGARA SERTA NKRI HARGA MATI-*

Rabu, 12 Oktober 2011

SITUBONDO MULAI DISTRIBUSIKAN AIR BERSIH

Situbondo (EXTREMMEPOINT.com)- Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih pada sejumlah desa, akibat dampak kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Situbondo dalam beberapa bulan terakhir ini.

Pemkab Situbondo, Rabu (5/10)  mulai mendistribusikan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan,  dengan cara  mengerahkan satu  truk tangki dengan kapasitas  4.000 liter, untuk desa yang kesulitan air bersih di wilayah Kabupaten Situbondo.
         
Namun, sebelum  pasokan air bersih didisitribusikan kepada  12 dusun yang tersebar pada enam desa di enam kecamatan, Pemkab Situbondo sebelumnya memberikan bantuan sebanyak 12 tandon air kepada sejumlah dusun yang mengalami kesulitan air bersih  dampak kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Situbondo pada tahun 2011 ini.
          
Sejumlah desa yang mengalami kesulitan air bersih pada tahun 2011 ini. Masing-masing adalah, Dusun Curah Malang, dan Dusun Temur Curah, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, serta  Dusun Polai Utara,  Dusun Bendusa, dan Dusun Campalok,  Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, dan  Dusun Gadingan, serta Dusun Pan Apan, Desa Sopet, Kecamatan Jangkar.

Selain itu, beberapa desa diwilayah barat Kabupaten Situbondo   juga kesulitan bersih, seperti yang  terjadi di Dusun Krajan, Karang Tengah, dan di Dusun Umbaran, Desa Cemara, serta terjadi di Dusun Sokaan Utara, Desa Gunung Puteri, Kecamatan Suboh, serta   di Dusun Juragan, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan.

“Langkah pertama untuk mengantisipasi kekurangan air bersih disejumlah dusun yang tersebar di enam desa pada lima kecamatan tersebut, Pemkab Situbondo langsung  melakukan penanganan  secara darurat kekurangan air bersih tersebut, dengan cara setiap harinya kami mendistribusikan air bersih kepada daerah yang kritis, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga,  yakni  mengerahkan satu unit truk tangki dengan kepasitas 4.000 liter,” ujar Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH, Rabu (5/10) 

Langkah  kedua  yang akan dilakukan oleh Pemkab Situbondo, yang merupakan langkah jangka panjang   dalam mengatasi kekurangan air bersih pada sejumlah wilayah di Kabupaten Situbondo, Pemkab Situbondo akan segera  melaporkan tentang kekuarangan air bersih tersebut  kepada Badan Penanggulan Bencana  Daerah (BPBD)  Provinsi Jawa Timur, untuk memperoleh penananganan penyelesaian  jangka panjang, agar   BPBD Provinsi Jawa Timur  melihat secara langsung kondisi riil dilapangan.

“Sebab, jika hanya melakukan   suplai air, upaya tersebut  tidak akan menyelesaikan masalah kekurang air bersih yang dialami  12 dusun pada enam desa pada lima kecamatan,   karena itulah, kami akan segera melaporkan kondisi ini kepada BPBD Provinsi Jawa Timur,” imbuh Dadang Wigiarto SH. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kimpraswil Pemkab Situbondo  H Tutik Margianti  mengatakan, untuk mengantisipasi kekurangan air bersih yang terjadi disejumlah wilayah di Kabupaten  Situbondo, untuk tahun anggaran 2012 pihaknya telah mengajukan proposal kepada kementerian PDT serta proposal bantuan kepada Provinsi Jawa Timur, dengan nilai pengajuan proposal sebesar Rp. 4,75 milyar.

“Pada tahun 2001 ini Pemkab Situbondo sudah mendapat bantuan sebesar Rp. 1 milyar dari kementerian PDT RI, proyek pengerjaan air bersih tersebut ditempatkan di Dusun Alun-alun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar